Indahnya Panorama Kawah Putih Ciwidey untuk Tempat Healing

Destinasi wisata Kawah Putih Ciwidey yang berada di Bandung adalah salah satu tempat liburan populer di kawasan tersebut. Adapun kawah putih ini adalah salah satu destinasi yang terkenal berkat foto instagramable dari para wisatawan. Kawah putih di Bandung tersebut adalah sebuah danau kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha yaitu salah satu gunung berapi di provinsi Jawa Barat.

Air di danau kawah putih ini mempunyai kandungan asam yang begitu tinggi sehingga permukaannya berwarna putih kehijauan atau cenderung biru dan coklat. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari kawah putih di Ciwidey sehingga menarik perhatian semua wisatawan. 

Jika beruntung Anda bisa datang ketika kawah putih tengah berwarna putih kehijauan yang sangat indah dan membuatnya menjadi background keren untuk berfoto.


Lokasi Kawah Putih Ciwidey

Untuk lokasi Kawah Putih Ciwidey beralamat di Jl. Raya Ciwidey, Patengan KM. 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, tepatnya Pasirjambu, Bandung provinsi Jawa Barat. Lokasi wisata tersebut berada di jarak 44 km arah Selatan kawasn Kota Bandung. Letak tepatnya berada di sebelah kiri Jl. Raya km.  41 Ciwidey Rancabali atau sebelum wisata perkemahan Ranca Upas.


Rute Kawah Putih Ciwidey

Rute menuju destinasi alam populer di Bandung satu ini sudah sangat mudah untuk dilalui oleh siapa saja. Ada dua jalur pilihan yang bisa Anda tempuh yaitu dari Cimahi melalui Baros lalu tembus di Soreang. Adapun alternatif lain bisa menuju Ciwidey dari arah Jl. Raya Kopo Soreang. Jika menuju Ciwidey dari Cimahi maka kondisi jalan tak terlalu macet, namun rute perjalannya akan lebih memutar.

Sedangkan jika Anda melalui rute Jl. Raya Kopo Soreang ke Kawah Putih Ciwidey akan cenderung menghemat waktu. Para wisatawan bisa menuju Kawah Putih menggunakan kendaraan umum. Tepat di depan pintu masuk, pengunjung akan menjumpai adanya papan petunjuk arah untuk memasuki kawasan wisata tersebut.


Harga Tiket Kawah Putih Ciwidey

Para wisatawan yang berkunjung ke Kawah Putih di Ciwidey maka tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya harga tiket masuk ke kawasan tersebut sangat terjangkau mulai dari Rp 28 ribu untuk para wisatawan domestic. Sedangkan tiket masuk bagi pengunjung mancanegara sebesar Rp 81 ribu. Para pengunjung jika ingin menikmati wahana yang tersedia harus membayar biaya tambahan.


Jam Buka Kawah Putih Ciwidey

Untuk jam operasional Kawah Putih Ciwidey akan memudahkan para wisatawan yang datang. Pasalnya tempat wisata Kawah Putih ini buka setiap hari untuk umum sejak pagi hingga sore hari. Adapun jam operasional Kawah Putih tersebut mulai dari pukul 7 pagi dan tutup di jam 5 sore.


Fasilitas Kawah Putih Ciwidey

Destinasi Kawah Putih di Ciwidey juga sudah dilengkapi bermacam fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Bagi yang ingin bersantap makanan sekalipun sudah ada banyak pilihan kios makanan. Di sekitar kawah tersedia juga pedagang yang menjual bebatuan khas kawah dan abu belerang. Cinderamata satu ini berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit sampai jerawat.


Daya Tarik Kawah Putih Ciwidey

Sebagai salah satu destinasi wisata yang populer, ada banyak daya tarik di spot Kawah Putih Ciwidey. Tak heran jika pada hari libur biasanya jumlah wisatawan berkisar antara 1.500 sampai 2.000 orang per satu hari. Sementara itu pada libur panjangnya jumlahnya bisa mencapai 5 ribu orang per satu harinya. Berikut ada beberapa daya tarik yang terdapat di kawah putih tersebut.


1. Danau yang Indah

Kawah putih ciwidey

Kawah putih adalah danau hasil letusan Gunung Patuha sejak dahulu tepatnya pada abad ke 10 dan ke 12. Adapun kontur tanahnya berwarna putih yang terjadi secara alami dari endapan tuff atau abu gunung api. Sedangkan air danaunya berwarna putih jernih kehijauan. Kawah tersebut dikelilingi pasir putih dengan riak yang bertabur asap dan letupan lumpur hidup sesekali. Warna kawahnya bisa berubah sesuai suhu, kadar belerang, serta cuaca di sekitar area.

Tak jarang Kawah Putih Ciwidey berwarna hijau apel, agak kebiru-biruan, coklat susu sampai berwarna putih yang berkabut. Di sini para pengunjung akan mencium bau belerang cukup kuat dari asap yang keluar dari kawah. Bau belerang di sini hadir dengan tingkat keasaman tinggi di kisaran pH 0,5 sampai 1,3. Ada larangan bagi pengunjung untuk berenang lantaran airnya mempunyai kandungan sulfur sangat tinggi sehingga membahayakan wisatawan.


2. Bisa Naik Ontang Anting ke Kawasan Kawah

Memasuki area tempat wisata tersebut, pengunjung akan menumpangi ontang anting ke kawasan utamanya. Kendaraan ini merupakan angkutan hasil modifikasi pihak pengelola agar bisa menuju pintu masuk. Tak hanya sebagai angkutan, alat transportasi tersebut menjadi keunikan tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Harga untuk tiket masuk ke Kawah Putih juga sudah termasuk biaya naik ontang anting.

Menaiki kendaraan tersebut di Kawah Putih Ciwidey pengunjung bisa menikmati udara segar dari daerah yang masih murni ini. Di sepanjang jalan akan tampak hutan alami yang khas pegunungan. 


3. Berburu Foto di Sunan Ibu

Kawah putih ciwidey bandung

Selama berkunjung ke Kawah Putih Bandung, akan didominasi warna putih yang sangat terasa. Karena itulah lokasi tersebut cocok untuk pengunjung yang kerap berburu spot foto Instagramable. Apalagi di tempat ini mempunyai kesan romantis, unik dan menjadi latar favorit pengunjung untuk berfoto. Panorama alam yang tersaji dengan indah menjadi daya tarik bagi wisatawan terlebih pasangan muda agar bisa mengabadikan momen.

Berikutnya latar belakang kawah dan alam yang eksotis akan menambah kesan natural hasil fotonya. Adapun destinasi Kawah Putih Ciwidey turut dipopulerkan sebagai salah satu lokasi syuting bertajuk film Heart di tahun 2006 silam. Lokasi tersebut juga sering dipakai untuk lokasi foto prewedding sebelum menikah.

Salah satu spot foto yang begitu menarik perhatian adalah Sunan Ibu sunrise viewing point. Spot tersebut adalah salah satu daya tarik bagi pengunjung terlebih para pecinta fotografi agar bisa berburu sunrise. Di lokasi tersebut, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari atas serta melihat matahari terbit dari atas ketinggian mencapai 2430 mdpl.


4. Ada Banyak Spot Menarik

Di Kawah Putih Ciwidey terdapat spot menarik salah satunya adalah Skywalk Cantigi. Ini adalah jembatan kayu yang dibangun di sisi kanan dan kiri kawahnya. Wahana tersebut dibangun sepanjang 150 meter dengan adanya tambahan Skywalk Cantigi II yang panjangnya mencapai 500 meter. 

Dari sini, pengunjung bisa dengan leluasa menikmati kecantikan Kawah Putih yang sangat memukau. Ada juga spot tebing Sunan Ambu yang mengapit kawah putih dengan Sunan Ibu. Dari tebing tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan keseluruhan lebih luas. Hal ini lantaran posisi tebing Sunan Ambu yang lebih tinggi dan membuat wisatawan berburu foto lebih indah.

Itulah informasi tentang destinasi wisata Kawah Putih Ciwidey yang begitu menarik perhatian dan cocok untuk Anda datangi saat hari libur. Segera kunjungi kawah putih di Bandung tersebut sehingga bisa menikmati keindahan alamnya langsung.