Wisata Seru Sambil Belajar Sejarah di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung adalah salah satu museum tertua di Indonesia yang berada di Bandung. Jika berbicara tentang lokasi wisata di kawasan Bandung memang tidak ada habisnya karena selalu ada tempat menarik dan populer seperti Museum Geologi. Adapun museum tersebut banyak didatangi oleh wisatawan yang ingin melihat langsung fosil sejarah dari zaman purba dan semua hal tentang geologi yakni ilmu tentang bumi.

Bagi Anda yang memiliki buah hati maka liburan ke Museum Geologi di Bandung tersebut menjadi pilihan paling tepat. Pasalnya tempat ini cocok untuk Anda menyisipkan edukasi saat berlibur sambil memberikan pengalaman baru bagi buah hati. 

Apalagi museum tersebut sangat cocok untuk anak-anak yang tertarik dengan hewan purba dinosaurus. Sebab di sini mereka akan menemukan fosil hewan tersebut yang mana tersedia cukup lengkap.


Lokasi Museum Geologi Bandung

Jika Anda berniat mengajak buah hati ke Museum Geologi Bandung tentu saja harus mengetahui di mana lokasi wisata tersebut. Adapun lokasi Museum Geologi tepatnya tak terlalu jauh dari Gedung Sate. Untuk alamatnya berada di Jalan Diponegoro nomor 57, Citarum, Bandung Wetan, Bandung Provinsi Jawa Barat.


Rute

Sementara itu untuk rute menuju Museum Geologi yang ada di Bandung ini tidak lah terlalu sulit dan mudah dituju, yaitu dengan keluar tepat di pintu Tol Pasteur. Setelah itu silahkan arahkan kendaraan menuju jalan layang Pasopati lalu tetaplah berada di jalur sebelah kanan. Anda bisa terus lurus sampai tiba di Jl. Surapati, dan pengunjung akan melihat lapangan Gasibu serta Gedung Sate.

Jika sudah menjumpai dua bangunan tersebut, kemudian beloklah ke sebelah kanan agar bisa memasuki Jl. Sentot Alibasyah. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan belok ke arah kiri menuju Jalan Diponegoro. Anda pun sudah sampai di tempat wisata Museum Geologi Bandung.


Harga Tiket

Di samping itu, harga tiket masuk ke wisata Museum Geologi sangatlah terjangkau. Dimana harganya berbeda antara pengunjung yang datang. Misalnya saja bagi pelajar hanya perlu membayar Rp 2 ribu per satu orangnya. Sedangkan untuk wisatawan dewasa atau umum perlu membayar Rp 3 ribu bagi satu orang. Selain itu kalangan wisatawan mancanegara diharuskan membayar tiket masuk per satu orang sebesar Rp 10 ribu.


Jam Buka

Untuk jam operasional Museum Geologi Bandung juga dibagi-bagi sesuai hari dalam satu minggu. Contohnya untuk hari Senin sampai Kamis maka Museum Geologi akan buka mulai jam 9 pagi dan tutup di jam 3 sore. Sedangkan saat hari Sabtu, Minggu ataupun hari libur lainnya maka jam buka Museum Geologi berubah mulai jam 9 pagi dan akan tutup tepat jam 13.30 waktu setempat.


Fasilitas 

Sebagai salah satu wisata menarik yang ada di Bandung, Museum Geologi memiliki fasilitas tersendiri untuk menunjang kebutuhan para wisatawan. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat tersebut antara lain:

  • Area untuk parkir kendaraan
  • Masjid
  • Auditorium
  • Toilet umum
  • Ruang edukasi
  • Poliklinik
  • Toko souvenir


Daya Tarik

Destinasi Museum Geologi Bandung memiliki daya tariknya tersendiri sehingga membuatnya ramai didatangi para wisatawan. Jika Anda tertarik datang ke tempat tersebut dijamin tidak akan bosan. Sebab biasanya berkunjung ke sebuah museum akan membuat para wisatawan merasa suntuk. Namun lain halnya dengan Museum Geologi dimana ada banyak ragam wisata seru yang bisa Anda lakukan dan termasuk daya tariknya tersendiri. Beberapa ragam wisata tersebut yaitu:


1. Night at The Museum

Wisata seru yang bisa Anda lakukan pertama di Museum Geologi adalah mencoba untuk berkunjung ke sana di malam hari. Dengan demikian wisatawan akan merasakan sensasi yang berbeda antara berkunjung di waktu siang dan malam hari. Sebagai informasi, kegiatan Night at The Museum dilaksanakan pertama kali pada tahun 2015 lalu.

Pelaksanaan Night at The Museum kala itu dalam rangka peringatan Hari Pertambangan dan Energi Nasional. Tentunya respon masyarakat terkait kegiatan tersebut sangat positif. Lantaran mendapat animo yang besar dari masyarakat pada akhirnya kegiatan Night at The Museum di Museum Geologi Bandung rutin diselenggarakan setiap bulannya.


2. Museum 3D

Macam wisata seru lainnya yaitu berfoto di dalam ruangan museum 3D yang pastinya unik. Bukan itu saja, para wisatawan bisa langsung mencetak hasil jepretannya menjadi sebuah souvenir. Sebagai informasi, di Museum 3D memungkinkan Anda bisa melihat rangkaian gambar tiga dimensi yang mana bertemakan tentang prasejarah.


3. Penggalian Fosil

Ada juga keseruan yang bisa dilakukan saat berada di Museum Geologi Bandung yaitu ikut kegiatan simulasi penggalian fosil. Kegiatan satu ini bertujuan agar dapat memperkenalkan proses penggalian fosil serta tata cara melakukan rekonstruksi dari fosil tersebut kepada anak-anak.

Dimana dalam kegiatan ini, para peserta diminta untuk menggali sejumlah replika fosil tersembunyi dan ada di dalam sebuah kolam berpasir. Sesudah ditemukan, pengunjung akan diajarkan untuk merekonstruksi penemuan itu sampai bentuknya menyerupai binatang tertentu.


Koleksi di Museum Geologi

Di dalam Museum Geologi Bandung ada banyak koleksi yang tersimpan ke beberapa ruangan berbeda. Ruangan tersebut dibedakan sesuai dengan jenisnya tersendiri. Setidaknya di Museum Geologi terdapat sejumlah ruangan yaitu:


1. Ruang Geologi Indonesia

Ruang pertama ada Ruang Geologi Indonesia yang berada di sayap sebelah barat. Di dalam ruangan satu ini akan diperagakan asal mula pembentukan bumi, pergerakan kerak bumi, struktur, batuan, mineral, pelapukan dan erosi serta geologi pulau di Indonesia, karst sampai gunung. Di dalam Ruangan Geologi Indonesia juga lengkap dengan adanya video interaktif.


2. Ruang Sejarah Kehidupan

Di Museum Geologi Bandung ada juga Ruang Sejarah Kehidupan yang terbagi menjadi beberapa sudut peraga yaitu Kenozoikum, Pra Kambrium, Mesozoikum dan Paleozoikum. Peragaan yang tersaji di ruangan tersebut terdiri dari Zaman Kuarter dan Zaman Tersier. Bukan hanya itu, ada juga satu sudut yang memberikan informasi mengenai sejarah terbentuknya Kota Bandung serta peninggalan fauna dan artefak yang hidup di Bandung.


3. Ruang Sumber Daya Geologi

Ruangan berikutnya berada di lantai 2 atau tepatnya ada di sayap sebelah timur yang diberikan nama Ruang Sumber Daya Geologi. Di ruangan tersebut ada 8 sudut peragaan yaitu:

  • Sumber daya air
  • Mineral logam
  • Batu mulia
  • Batubara
  • Pengenalan sumber daya geologi
  • Minyak dan gas bumi
  • Panas bumi


4. Ruang Manfaat dan Bencana

Ruang terakhir di Museum Geologi Bandung yaitu Ruang Manfaat dan Bencana Geologi yang berlokasi di lantai 2 sebelah sayap bagian barat. Di dalamnya tersaji informasi terkait pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman dahulu sampai masa kini.

Itulah informasi tentang destinasi wisata Museum Geologi Bandung yang memungkinkan wisatawan sambil belajar hal. Karena itulah Anda bisa berkunjung ke tempat tersebut sebagai pilihan wisata berikutnya.