Berlibur Seru di Wisata Populer Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda saat berlibur ke kawasan Bandung. Apalagi jika pengunjung adalah orang yang suka dengan destinasi alam di Bandung maka wisata satu ini menjadi pilihan terbaik. Sebagai informasi, Taman Hutan Raya Juanda terkenal juga dengan nama Tahura Juanda atau kerap orang singkat sebagai THR Juanda yang sangat populer.

Letak wisata yang merupakan hutan konservasi satu ini dekat sekali dengan kawasan pusat Kota Bandung. Adapun hutan konservasi tersebut juga bisa dibilang menjadi salah satu paru-paru milik Kota Bandung. Mulanya luas hutan raya ini hanya mencapai 10 ha di tahun 1965 silam. Namun kini luas hutan tersebut sudah mencapai 590ha dan membentang dari bagian Dago Pakar hingga ke daerah Maribaya Lembang.


Lokasi Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda 

Alamat atau lokasi Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda tepatnya di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kec. Cimenyan Kota Bandung. Daerah tersebut berada di ketinggian sekitar 770 sampai 1330 dpl. Sementara itu karena luasnya yang mencapai 590ha, maka terdapat beberapa pintuu gerbang untuk masuk ke sana. Namun pintu gerbang yang paling mudah dilalui yaitu gerbang ari Dago Pakar.


Rute Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda

Jika Anda yang ingin ke Taman Raya Juanda lewat Gerbang Tahura di kawasan Pakar Dago maka bisa mengaksesnya lewat jalur Dago atau terminal Dago Tahura. Jalannya sendiri sudah cukup bagus dan tergolong mudah untuk diakses. Selain itu ada petunjuk jalan yang cukup jelas dan menjadi akses paling mudah sekaligus terpopuler. Jalan satu ini juga satu arah dengan objek wisata lainnya yaitu Tebing Keraton Bandung yang mana masih dalam area Taman Hutan Raya Juanda.

Sementara itu jika Anda berniat ke Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda dengan masuk ke Gerbang Tahura yang ada di kawasan Lembang, maka tak perlu memutar ke arah Dago terlebih dahulu. Pengunjung bisa mengakses langsung lewat gerbang Tahura Juanda yang berada di daerah Lembang. Jalan menuju ke sana juga cukup mulus dan mudah dijangkau. Adapun letaknya tak terlalu jauh sebelum destinasi Maribaya Lembang.


Harga Tiket Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda

Harga untuk tiket masuk ke Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda cukup murah yaitu Rp 11 ribu bagi para wisatawan domestic. Sedangkan jika Anda adalah pengunjung luar atau mancanegara maka akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 76 ribu. Harga tiket masuknya memang sedikit berbeda dengan tarif resmi yang sudah tercantum di situs resmi Tahura Juanda. Kendati demikian harganya sama-sama terjangkau dan tak akan menguras kantong.


Jam Buka Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda

Sementara itu jam buka THR Juanda mulai dari jam 8 pagi dan tutup di jam 6 sore. Namun jika Anda memutuskan berangkat lebih pagi, biasanya taman tersebut sudah buka. Tetapi untuk saat ini, di sekitar hutan pinus gerbang THR Juanda sudah ada café kopi yang unik bernama Armor Kopi Bandung. Dengan demikian pengunjung dapat berwisata di sini sambil menikmati kopi sampai jam 9 malam.


Fasilitas Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda

Para wisatawan yang berkunjung ke Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda  juga dapat menikmati semua fasilitas di sana. Apalagi fasilitas yang tersedia di tempat tersebut sudah cukup lengkap dan dapat dimanfaatkan oleh semua wisatawan. Beberapa fasilitas di sini mulai dari area untuk parkir kendaraan yang luas baik di daerah gerbang Dago maupun di gerbang Maribaya. Ada juga banyak tempat makan serta istirahat di dalam area.

Bukan hanya itu, para wisatawan juga dapat memanfaatkan toilet yang sudah tersedia. Namun keberadaan toilet di wisata tersebut hanya ada di beberapa sudut antara lain gerbang, area jalan menuju goa Jepang. Sehingga jika Anda tengah membutuhkan toilet namun berada di tengah-tengah area maka akan merasa kesulitan.


Daya Tarik Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda

Ada beberapa spot wisata yang menjadi daya tarik Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda saat berkunjung di tempat tersebut. sejumlah tempat wisata tersebut justru lebih dikenal daripada keberadaan Tahura Juanda itu sendiri, padahal masih ada di dalam area THR Juanda. Berikut ini ada beberapa spot wisata sekaligus kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan dan menjadi daya tarik tersendiri.


1. Goa Jepang

Pertama ada Goa Jepang yang merupakan peninggalan masa penjajahan Jepang di negara Indonesia. Goa tersebut diperkirakan dibangun oleh para romusha atau pekerja paksa. Goa ini mempunyai 4 pintu serta 2 saluran udara yang dibangun sejak tahun 1942 silam. Agar bisa berkunjung ke Goa Jepang, pengunjung bisa berjalan kurang lebih sejauh 600 m dari area gerbang masuk. Namun akses jalannya sudah sangat bagus sehingga Anda tak perlu takut merasa kesulitan.


2. Goa Belanda

Daya tarik berikutnya di Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda  ada Goa Belanda yang dibangun sejak tahun 1918 silam. Adapun Goa Belanda tersebut diperkirakan digunakan sebagai markas militer, gudang penyimpanan senjata, penjara, PLTA sampai pusat komunikasi. Goa Belanda mempunyai fasilitas yang cukup lengkap dan bagus bahkan sepintas lebih modern jika dibandingkan dengan Goa Jepang.


3. Curug Omas

Ada juga Curug Omas yang kerap kali disebut orang sebagai Curug Maribaya, lantaran memang terletak di kawasan Maribaya Lembang. Agar bisa menuju lokasi tersebut, jalur yang paling dekat adalah melalui gerbang Taman Hutan Juanda di Maribaya. Namun Anda juga bisa mengaksesnya dari gerbang Dago Pakar. Hanya saja akses melalui jalan tersebut jaraknya lumayan jauh apabila berjalan kaki dari sini kurang lebih 5 sampai 6 km.

Anda juga bisa memakai jasa ojek di sini, namun ongkosnya lumayan mahal karena bisa sampai Rp 70 ribu per satu orangnya. Curug Omas yang ada di Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda  mempunyai ketinggian kurang lebih sampai 30 meter. Curug tersebut merupakan pertemuan antara dua aliran sungai yaitu Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung. Pertemuan itu pada akhirnya membentuk area aliran Sungai Cikapundung Hulu.


4. Tebing Keraton

Ada juga Tebing Keraton yang pastinya sudah tak asing lagi di mata wisatawan. Tempat dan suasana di Tebing Keraton sangat Instagramable yang membuat ramai pengunjung tertarik datang ke sana. Sebenarnya area ini termasuk ke dalam wilayah Taman Hutan Raya Juanda, namun tiket masuknya berbeda.

Agar bisa menuju lokasi Tebing Keraton yang ada di Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda, wisatawan hanya perlu belok kanan di pertigaan sesudah gerbang Tahura Dago. Tak jauh dari sana, Anda sudah bisa melihat spot tersebut.

Itulah informasi seputar Taman Hutan Raya Ir H. Djuanda yang wajib menjadi pilihan Anda dan keluarga saat berlibur di Bandung. Segera kunjungi kawasan tersebut untuk merasakan langsung keindahan tempatnya.