20 Tempat Wisata di Jakarta Paling Iconic Jakarta

Kita semua pasti sudah mengenal Jakarta, yang mana merupakan Ibu Kota Indonesia dan termasuk kota yang sangat padat penduduk. Dibalik kota yang sangat padat dengan penduduknya, tetap saja masih ada tempat wisata di Jakarta yang bisa kita kunjungi dan nikmati.

Informasi ini akan memberikan 20 tempat wisata di Jakarta yang bisa memberikan icon bahwa tempat tersebut memang benar ada di Jakarta. Tentunya jika Anda merupakan orang yang belum pernah ke Jakarta harus datang ke tempat wisata ini sebagai tanda Anda sudah mengenal Jakarta.


Daftar 20 Tempat Wisata Di Jakarta Wajib Dikunjungi

Jika Anda ke Jakarta, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Jakarta. Hal tersebut perlu Anda lakukan dengan tujuan selain Anda mengenal hirup pikuk kotanya, Anda juga masih bisa menikmati waktu Anda untuk bersantai dan menghibur diri dari penatnya Ibu Kota Jakarta.

Inilah 20 tempat yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat wisata yang ada di Jakarta. Simak baik-baik sebagai penentu kemana Anda harus pergi berkunjung. Tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama di Jakarta, antara lain :


1. Taman Mini Indonesia Indah Atau TMII

Tempat wisata di jakarta

 rafael antatya

Taman Mini Indonesia Indah atau lebih kita kenal dengan TMII, merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang bisa memberikan kesan bahwa Anda memang berada di Jakarta. Lokasi dari tempat wisata ini berada di Jakarta bagian Timur atau Jakarta Timur.

Tempat wisata ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menikmati wisata dengan unsur budaya yang ada di Indonesia. TMII juga memberikan kesan pemandangan kebudayaan bangsa yang sangat beragam.

Jika Anda benar akan datang mengunjungi TMII maka Anda bisa menemukan daya tarik yang diberikan yaitu :

  • Banyak miniatur dan tarian bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke
  • Adanya kereta gantung yang di bawahnya pemandangan danau dengan pulau Indonesia
  • Adanya berbagai macam museum
  • Adanya permainan yang bisa dimainkan buah hati
  • Terdapat gedung theater yang bisa dinikmati
  • Cocok sebagai tempat olahraga
  • Cocok untuk tempat piknik di pinggir danau bersama keluarga
  • Adanya istana boneka

Itulah daya tarik yang ditawarkan dari tempat wisata TMII. Anda tidak cukup menghabiskan waktu 3 jam di sini. Bisa saja satu harian Anda mengelilingi tempat wisata yang besar ini. 

Jam operasional yang berlaku di sini, buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 19.00 WIB. Tiket masuk yang harus dibayarkan pada pintu masuk sebesar 20.000/orang. Hanya saja harga ini belum termasuk dengan biaya tiket permainan yang lainnya.


2. Taman Impian Jaya Ancol (Ancol)

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata di Taman Impian Jaya Ancol atau kita sering mengenalnya Ancol. Ketika mendengar kata Ancol saja, Anda sudah terbayangkan banyak wahana yang ada di dalamnya.

Tentu saja benar, banyak wahana yang disediakan dari pihak pengelola wisata. Wahana yang bisa Anda temukan, yaitu :

  • Dufan atau dunia fantasi, Anda bisa menemukan banyak permainan yang cukup menantang jiwa adrenaline Anda. Namun tenang saja, untuk Anda yang tidak berani, juga disediakan permainan yang tidak memacu jiwa adrenaline kita.
  • Pantai, lokasi wisata ancol ini memang berada di pinggir pantai. Anda juga bisa menikmati pantai yang ada di sini
  • Aquarium besar atau seaworld, Anda bisa mengenalkan buah hati Anda dengan dunia laut. Tentunya Anda bisa mengunjungi wahana yang satu ini. Banyak koleksi ikan yang berada di dalam aquarium besar.
  • Kolam renang, disediakan juga wahana bermain air di taman impian jaya ancol. 

Wahana tersebut yang bisa Anda temukan jika berkunjung ke taman impian jaya ancol. Dimana wisata ini memang dibuka mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Dengan biaya tiket masuk di gerbang 25.000/orang.

Sama dengan TMII, harga tiket di gerbang belum termasuk dengan harga tiket wahana yang ada di dalamnya. Anda perlu mengeluarkan uang lagi untuk menikmati wahana yang ada di dalamnya. 

Sangat disarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini pada hari kerja. Jika Anda mengunjunginya di saat hari libur, maka banyak sekali orang yang datang berkunjung sehingga membuat antrian permainan panjang.


3. Kebun Binatang Ragunan

Anda ingin tempat wisata yang murah meriah di daerah Jakarta, maka Anda bisa kunjungi Kebun Binatang Ragunan. Tempat wisata ini terletak di Jakarta Selatan, Anda bisa menuju lokasi tempat tersebut menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Jika Anda memilih menggunakan kendaraan umum, maka Anda bisa memilih gunakan busway dengan arah Ragunan. Tidak jauh dari halte busway, cukup dengan berjalan kaki saja sudah bisa sampai di lokasi wisata Ragunan.

Tempat wisata di Jakarta yaitu Ragunan ini menyediakan banyak ragam flora dan fauna yang bisa menjadi tempat edukasi untuk buah hati Anda mengenal hewan secara langsung. Bahkan di tempat wisata ini Anda bisa langsung berinteraksi langsung dengan hewan yaitu memberi makan.

Biaya tiket masuk memang terbilang murah dan sangat mudah dijangkau, yaitu :

  • Anak-anak dikenakan biaya 3.000
  • Dewasa dikenakan biaya 4.000

Untuk saat ini, kebun binatang Ragunan juga sudah menerapkan pembayaran dengan menggunakan kartu digital. Lebih mudah untuk bisa masuk ke dalam tempat wisata yang satu ini. Terlebih tiket yang diberikan sangat murah dan terjangkau.


4. Wisata ke Kota Tua Jakarta

Berpindah ke konsep wisata yang menawarkan vibes tempo dulu. Anda bisa datang dan mengunjungi Kota Tua Jakarta, tempat wisata ini menawarkan konsep wisata yang jadul seperti tempo dulu karena bangunannya masih nuansa Belanda. 

Fasilitas yang ada di tempat wisata ini sangat banyak dan mudah Anda temukan, yaitu :

  • Tempat makan
  • Spot foto 
  • Museum
  • Sewa sepeda
  • Pertunjukan seni musik

Masih banyak fasilitas lain yang bisa Anda temukan di wisata ini. Kabar baik untuk Anda yang memang ingin datang mengunjungi kota tua Jakarta adalah Anda bisa mengunjungi wisata ini tanpa harus membayar sepeser uang pun alias gratis.

Semakin malam, wisata Kota Tua Jakarta ini memberikan kesan yang sangat mendalam dan lingkungan wisata semakin ramai. Anda bisa menemukan banyak wisata kuliner bahkan banyak pertunjukan musik di malam hari.

Hanya saja, untuk menikmati fasilitas yang ada di sekitar Kota Tua Jakarta ini, Anda harus mengeluarkan uang pribadi. Jadi, lokasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai tanpa harus menggunakan fasilitas yang ada. 

Jika Anda ingin berkunjung ke lokasi ini, maka Anda bisa langsung saja menaiki KRL dengan tujuan stasiun Jakarta Kota atau Anda juga bisa menaiki busway yang sudah disediakan oleh pemerintah.


5. Jakarta Aquarium dan Safari

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya adalah Jakarta Aquarium dan Safari. Wisata ini terletak di Jalan Letjen S.Parman No 106, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat. Lebih tepatnya, terletak di dalam Mall Neo Soho lantai LG 101.

Wisata ini memberikan edukasi fauna khususnya fauna akuatik, meskipun juga terdapat fauna nonakuatik. Daya tarik dari tempat ini, yaitu :

  • Aquarium terbesar dan indoor di Indonesia
  • Anda bisa melakukan interaksi langsung dengan fauna
  • Spot foto dengan aquarium besar
  • Banyak ragam fauna
  • Terletak di lantai bawah Mall
  • Tempat nyaman untuk mengenal fauna

Jam operasional yang disediakan dari tempat wisata ini mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB, namun mereka menerapkan batas menerima kunjungan pada pukul 20.00 WIB. Tarif yang harus Anda keluarkan untuk menikmati tempat wisata ini sebesar 142.500/orang.

Tips untuk Anda yang memang ingin mengunjungi tempat wisata ini, akan lebih baik memesan tiket melalui aplikasi online. Bisa saja Anda mendapatkan potongan harga saat membelinya karena banyak promo yang ditawarkan jika memesan melalui aplikasi online.


6. Wisata Monumen Nasional

Jangan ngaku sudah ke Jakarta, jika Anda belum mengunjungi Monumen Nasional atau disebut dengan Monas. Monas dibuat sebagai sebuah monumen peringatan yang didirikan guna mengenang pahlawan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Monumen Nasional memang menjadi simbol pertama di Kota Jakarta dan memang merupakan tempat utama yang harus dikunjungi jika sedang berada di Jakarta. Daya tarik yang diberikan dari tempat wisata ini adalah terdapat dua destinasi yang bisa dipilih, yaitu :

  • Destinasi Cawan
  • Destinasi Museum serta Puncak Monas

Wisata Monumen Nasional ini sendiri berada di jantung Kota Jakarta, yaitu di Jakarta Pusat. Monas mempunyai jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 22.00 dan dibuka setiap hari untuk umum. 

Biaya tarif yang harus Anda keluarkan jika mengunjungi Monas sebesar 2.000 hingga 15.000 tergantung dari destinasi yang Anda pilih. Anda bisa sampai ke Monas menggunakan kendaraan melalui aplikasi online.

Anda bisa gunakan KRL dengan arah tujuan stasiun gambir. Stasiun gambir merupakan stasiun yang letaknya sudah terdekat dari Monumen Nasional. Jika Anda memilih menaiki busway, maka turun di halte Balai Kota menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.


7. Wisata Planetarium

Ingin mempunyai nuansa wisata yang berbeda dan masih berada di Jakarta, maka Anda bisa kunjungi Planetarium. Wisata Planetarium ini bisa Anda kunjungi karena terletak di Taman Ismail Marzuki Jakarta. 

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah Anda bisa melakukan wisata dengan konsep perbintangan dan objek luar angkasa lainnya. Cocok sekali tempat wisata ini dijadikan sebagai wisata edukasi bersama buah hati Anda. 

Anda juga akan disuguhkan dengan atraksi yang memiliki konsep luar angkasa. Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu pada jam 08.00 hingga 15.00 WIB. Tarif yang perlu Anda keluarkan sebesar 5.000/orang, sangat terjangkau sekali.


8. Wisata Edukasi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Anda bisa saja termasuk salah satu orang yang bookaholic, kalau begitu Anda wajib mengunjungi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas. Perpusnas mempunyai jam operasional pada hari kerja.

Perpusnas ini mempunyai 24 lantai dengan fungsi lantai yang berbeda beda, sehingga ini menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung. Selain itu, Perpusnas juga menyediakan ruang teater, layanan koleksi buku langka, data center, area baca, dan lain-lain. 

Jika Anda ingin datang berkunjung maka Anda harus mempunyai kartu member. Untuk bisa mendapatkan kartu member tersebut maka Anda bisa melakukan pendaftaran melalui website online dari Perpusnas.


9. Museum Bank Indonesia

Tempat wisata di Jakarta berikutnya adalah Anda bisa kunjungi Museum Bank Indonesia. Museum ini terletak di Jakarta Barat dan sudah bisa diakses dengan kendaraan umum yang disediakan oleh pemerintah DKI Jakarta.

Museum Bank Indonesia memang sudah diresmikan sebagai bentuk cagar budaya oleh Pemerintah. Anda bisa menikmati keliling museum dengan melihat dokumen-dokumen serta benda penting milik Bank Indonesia.

Penasaran ingin berkunjung ke Museum Bank Indonesia maka tidak perlu risau, karena museum ini dibuka setiap hari dengan ketentuan jam operasional sebagai berikut :

  • Senin – Jumat pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB
  • Sabtu – Minggu pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB

Harga tiket masuk yang dipatok juga sangat terjangkau, Anda cukup mengeluarkan sebesar 5.000/orang untuk umum. Bagi pelajar jika menunjukkan kartu pelajar maka tidak dikenakan biaya. Museum ini cocok dikunjungi sebagai tempat edukasi.


10. Bounce Street Trampoline Park

Ingin merasakan sensasi wisata yang bisa sekaligus olahraga, maka Anda bisa mengunjungi bounce street trampoline park. Tempat wisata di Jakarta ini merupakan trampoline park pertama yang ada di Indonesia dan baru ada di Jakarta. 

Tempat wisata ini menyediakan 11 arena trampoline yang sudah berstandar internasional. Jadi, sangat sayang dilewatkan jika Anda tidak datang berkunjung ke sini dan mencobanya. Anda tidak perlu khawatir dan cemas saat bermain di dalamnya.

Tempat wisata ini sudah dijaga ketat oleh 20 orang pelatih yang profesional sehingga Anda bisa bermain dengan aman. Fasilitas yang disediakan cukup beragam, seperti :

  • Kolam bantalan busa
  • Wahana bouncing
  • Basket bouncing

Jika Anda ingin datang berkunjung maka tempat ini bisa dikunjungi setiap hari, dengan ketentuan:

  • Senin – Jumat pada pukul 11.00 hingga 18.00 WIB
  • Sabtu – Minggu pada pukul 11.00 hingga 20.00 WIB

Dengan fasilitas yang disediakan, tentunya tarif yang harus Anda keluarkan juga lumayan, yaitu 140.000 hingga 150.000 rupiah untuk satu orangnya.


11. Kid City Cempaka Putih

Ingin mengajak buah hati Anda bermain maka Anda bisa mengunjungi Kid City Cempaka Putih. Tempat bermain ini hampir mirip dengan Trans Studio namun dalam versi mini dan di dalam ruangan. 

Buah hati Anda bisa menemukan banyak wahana dan permainan yang bisa menghibur dunia si kecil. Anak Anda bisa memilih permainan seperti kolam bola, aktivitas memanjat, kereta api mini, bahkan hingga ayunan terbang.

Untuk bisa menikmati wahana dan permainan ini maka Anda cukup membeli kartu dan mengisi ulang saldonya. Setiap permainan yang akan dimainkan hanya membutuhkan kartu yang sudah diisi saldo tersebut.

Tempat bermain ini buka setiap hari mulai pukul 12.30 hingga 20.00, sehingga Anda bisa menemani anak Anda bermain hingga merasa senang dan lelah.


12. Taman Wisata Alam Mangrove Angke

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya ada Taman Wisata Alam Mangrove Angke. Taman wisata alam ini berada di Angke, Jakarta Utara. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat konservatif mangrove yang dibuat oleh pemerintah.

Wahana yang bisa Anda dapatkan di tempat wisata ini, antara lain :

  • Tempat penginapan
  • Jembatan mengelilingi hutan mangrove
  • Spot foto terbaik
  • Bahkan menyediakan sewa tempat pernikahan
  • Tempat pembelian makan dan minum

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, maka lebih baik Anda datang dari pagi agar tidak merasakan terik panasnya matahari. Tempat wisata ini juga menerapkan larangan membawa makanan dan minuman dari luar. 

Tempat wisata ini dibuka setiap hari, sehingga Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Lebih baik jika memesan tempat penginapan di dalamnya, sehingga Anda sudah gratis masuk ke dalam lokasi wisata tersebut.


13. Wisata Ice Skating Di Mall Taman Anggrek

Ingin mengunjungi seberapa seimbang diri Anda dan mampu mengendalikan diri berdiri dan berjalan di atas es? Cobalah untuk mengunjungi dan mencoba wahana ice skating yang sudah disediakan di Mall Taman Anggrek. 

Wisata ini bisa dimainkan di dalam ruangan tanpa harus menunggu musim dingin atau musim salju yang tidak dimiliki oleh Indonesia. Wisata ini cocok untuk dinikmati bersama keluarga Anda. Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar 95.000/orang untuk bisa bermain ice skating.


14. Pelabuhan Sunda Kelapa 

Wisata selanjutnya Anda bisa memilih wisata ke pelabuhan kelapa sunda. Tempat wisata di Jakarta ini memang disebut sebagai pelabuhan, namun pada kenyataannya tempat ini sekarang sudah dijadikan sebagai tempat bongkar muat barang saja. 

Oleh karena itu, saat ini disulap menjadi tempat yang bersejarah namun bisa dikunjungi banyak orang secara umum. Pengunjung yang datang, bisa menikmati pemandangan kapal-kapal yang bersandar.

Pengunjung juga bisa mencicipi merasakan menaiki perahu, hanya saja Anda dikenakan biaya 50.000/orang. Dengan menaiki perahu ini Anda bisa menikmati view Sunda Kelapa secara langsung.


15. Wisata Pendidikan Pinisi

Tempat wisata di jakarta

Tempat wisata di Jakarta terakhir yang bisa Anda kunjungi adalah taman bermain di dalam ruangan yaitu Pinisi. Wisata ini terletak di Pasar Raya Blok M dan memang ditujukan untuk dinikmati bagi anak-anak.

Taman bermain ini mengusung konsep kota pelabuhan dengan landmark kapal kayu model tradisional. Wahana yang bisa dinikmati oleh buah hati Anda beragam, antara lain :

  • Pinisi Boat 
  • Flying Fox 
  • Carousel 
  • 4D Simulator

Masih banyak wahana yang bisa Anda temukan di taman bermain ini. Tentunya taman bermain ini mempunyai ketentuan jam operasional, yaitu :

  • Senin – Jumat dibuka pada jam 10.00 hingga 17.00 WIB
  • Sabtu – Minggu dibuka pada jam 10.00 hingga 19.00 WIB

Harga tiket yang harus Anda keluarkan sebesar 190.000/orang.

Bagaimana dengan deretan tempat wisata di Jakarta di atas? Apakah Anda sudah pernah mengunjunginya atau belum? Jika belum, maka Anda harus segera mengatur jadwal Anda untuk mencoba tempat wisata tersebut.

Tentunya semua biaya yang sudah dijabarkan di atas, belum termasuk biaya parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan pribadi. Setiap tempat wisata juga mempunyai wahana permainan yang berbayar dan di luar harga tiket masuk.

Tempat wisata di Jakarta yang sudah diulas sudah bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi bahkan menggunakan kendaraan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, maka ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan antara lain :

  • Busway
  • KRL
  • Jaklingko

Semua kendaraan umum tentunya mempunyai rute tersendiri, sehingga Anda sudah pastikan dari awal rute yang akan Anda tempuh. Kendaraan umum ini juga mempunyai harga yang terjangkau, bahkan jaklingko bisa digunakan tanpa harus membayar (dengan syarat menggunakan kartu digital).


16. Sea World

Sea World Ancol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta  yang mempunyai konsep Edutainment. Konsep tersebut mengartikan sebuah sarana agar bisa bermain sambil belajar tentang biota laut. Di sini, para pengunjung bisa menemukan berbagai macam jenis biota laut dari beragam spesies. Bahkan di Sea World terdapat 7.300 ekor biota air tawar, 3 jenis reptil, dan 11.500 ekor biota baik dari jenis ikan sampai avertebrata yang sangat menarik untuk didatangi.

Lokasi 

Destinasi Sea World Ancol berlokasi di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Adapun alamat tepatnya terletak di Jalan Lodan Timur nomor 47, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Sea World merupakan tempat wisata yang populer sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan lokasinya.

Rute 

Sementara itu rute menuju tempat wisata di Jakarta  Sea World Ancol sangatlah mudah. Bukan hanya itu, ada beberapa pilihan moda transportasi umum yang bisa wisatawan gunakan. Contohnya saja dengan menggunakan Commuter Line atau KRL dan Anda bisa turun di Stasiun Kampung Bandan. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan mikrolet dan turun tepat di pintu utama Ancol. Dari sana Anda hanya perlu menuju ke lokasi Sea World berada.

Harga Tiket

Adapun untuk tiket masuk ke Taman Impian Ancol pada saat ini hanya menerima secara online. Pengunjung harus melakukan reservasi dahulu minimal 2 hari sebelum berkunjung. Untuk pemesanan tiketnya, pengunjung bisa mengakses situs resmi Taman Impian Jaya Ancol. Dari sana diketahui berapa besaran tiket masuk yang harus dibayarkan dan informasi terkait Sea World Ancol itu sendiri.

Jam Buka

Jam operasional tempat wisata di Jakarta Sea World Ancol yaitu buka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Untuk jam bukanya yakni mulai dari pukul 9 pagi dan tutup tepat jam 6 sore waktu setempat.

Fasilitas

Sebagai salah satu tempat wisata populer di Jakarta, Sea World Ancol menyediakan banyak fasilitas memadai demi menunjang kebutuhan wisatawan selama berwisata di sana. Adapun sejumlah fasilitas tersebut mulai dari mushola, area untuk parkir kendaraan, ruang baby care, area foodcourt, ruang P3K, toko souvenir dan masih banyak lagi. Para pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas yang tersedia selama berwisata di Sea World.

Daya Tarik

Sea World Ancol mempunyai sejumlah atraksi dan wahana yang menjadi daya tariknya tersendiri di mata pengunjung. Daya tarik pertama dari tempat wisata di Jakarta Sea World Ancol yaitu Feeding Show yaitu atraksi memberi makanan kepada ikan-ikan predator seperti ikan hiu, piranha dan ikan predator besar lainnya. Selain itu di Sea World Ancol juga tersimpan ikan yang sudah diawetkan dan disimpan di sebuah tempat bernama Misteri Kehidupan Laut Dalam.


17. Kidzania

Kidzania adalah tempat wisata di Jakarta yang tepat untuk memberikan edukasi tambahan untuk anak-anak dengan cara lebih menyenangkan. Di tempat satu ini para orang tua bisa mengetahui minat dan bakat apa saja yang dimiliki oleh anak-anak. Dengan demikian mereka dapat diarahkan agar bisa menggapai profesi impiannya. Di Kidzania Jakarta, pengunjung anak-anak dapat memainkan 100 profesi lebih yang disukai dan mirip seperti aslinya.

Lokasi 

Destinasi Kidzania Jakarta berada di lokasi yang strategis yakni di dalam Pacific Place Mall Jakarta. Adapun alamat lengkapnya yaitu di Jalan Jenderal Sudirman kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Agar bisa di tempat wisata tersebut pengunjung bisa mengaksesnya dengan sangat mudah.

Rute 

Para wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat wisata di Jakarta bisa berangkat dari pusat Kota Jakarta dan hanya perlu menempuh perjalanan sampai 6 kilometer dengan waktu tempuh tak sampai 30 menit. Anda bisa datang ke Kidzania Jakarta menggunakan Transjakarta dengan memilih beberapa rute yaitu koridor 1 tepatnya Blok M. setelah itu keluar dari halte Polda Metro Jaya dan dilanjutkan dengan jalan kaki untuk tiba di Pasific Mall Palace.

Harga Tiket

Harga tiket wisata Kidzania Jakarta memang cukup mahal bagi sebagian besar orang. Untuk balita bisa masuk ke sini dengan membayar Rp 50 ribu di hari Senin sampai Jumat dan Rp 100 ribu untuk hari Sabtu dan Minggu. Anak-anak membayar Rp 225 ribu saat datang di hari Senin sampai Jumat dan Rp 275 ribu jika berkunjung di akhir pekan. Pengunjung dewasa harus membayar Rp 175 ribu di hari Senin sampai Jumat dan Rp 225 ribu saat weekend.

Jam Buka

Untuk jam operasional tempat wisata di Jakarta Kidzania ini buka di hari Senin sampai Minggu. Sedangkan waktu operasionalnya mulai dari pukul 10 pagi dan tutup di jam 4 sore. Karena itulah para pengunjung harus berpuas diri bermain di dalamnya selama Kidzania masih beroperasi.

Fasilitas

Sementara itu fasilitas di Kidzania Jakarta pastinya sudah tersedia dengan memadai mulai dari area parkir, ATM center, toilet, mushola sampai ruang P3K yang bisa wisatawan temukan dan gunakan. Selain itu ada juga beberapa fotografer profesional yang siap membantu pengunjung untuk mendapatkan foto ciamik dan cantik. Ada pula beberapa tempat makan yang menjual bermacam makanan dan minuman jika Anda merasa lapar.

Daya Tarik

Kidzania menjadi tempat wisata di Jakarta yang menawarkan daya tarik tersendiri untuk dinikmati oleh pengunjung. Salah satunya adalah konsep yang menarik dimana wisata ini hadir sebagai tempat bermain dan belajar. Karena itulah tempat tersebut seperti dunia nyata yang pastinya menyenangkan untuk anak-anak. Selain itu ada banyak wahana menarik dan kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh anak-anak sehingga mereka mendapat edukasi selain liburan.


18. Museum Macan

Tak jarang orang menganggap tempat wisata Museum Macan sebagai museum yang di dalamnya ada jenis hewan macan. Ternyata bayangan tersebut sangat jauh berbeda dengan kenyataan. Sebab Museum Macan sendiri adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi seni dengan konsep penyajian hasil karya dan spot yang keren untuk dinikmati semua wisatawan.

Lokasi 

Lokasi tempat wisata di Jakarta Museum Macan tepatnya di AKR Tower Level M. sementara itu untuk alamat lengkapnya berada di Jalan Panjang nomor 5 tepatnya Kebon Jeruk. Jakarta Barat, DKI Jakarta. Untuk lokasi tersebut sangat strategis sehingga begitu mudah ditemukan para pengunjung yang datang.

Rute 

Untuk rute menuju Museum Macan bisa ditempuh dengan memakai kendaraan roda dua sampai roda empat sekalipun. Bahkan Anda juga bisa memakai transportasi umum terlebih jika menggunakan jasa transportasi daring. Namun jika ingin menggunakan KRL apalagi dari luar Jakarta caranya yaitu memilih stasiun terdekat dengan Museum Macan. Sesudah itu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan bus Transjakarta atau ojek online.

Harga Tiket

Adapun harga tiket masuk ke tempat wisata di Jakarta satu ini terbagi menjadi dua yakni di hari biasa dan akhir pekan ataupun hari libur nasional. Untuk tiket Museum Macan di hari biasa sebesar Rp 56 ribu untuk anak-anak 3-12 tahun, Rp 63 ribu bagi pelajar dan Rp 70 ribu untuk dewasa. Sedangkan di akhir pekan, anak-anak 3-12 tahun perlu membayar Rp 72 ribu, sebesar Rp 81 ribu untuk kalangan pelajar dan Rp 90 ribu bagi orang dewasa.

Jam Buka

Museum Macan menjadi tempat wisata yang beroperasi mulai dari hari Selasa sampai Minggu. Sedangkan jam operasionalnya dimulai dari pukul 10 pagi dan tutup tepat jam 4 sore. Anda perlu memperhatikan jam bukanya agar tidak kecewa datang ke Museum Macan namun mendapati museumnya tutup.

Fasilitas

Museum Macan merupakan tempat wisata di Jakarta yang menyediakan banyak fasilitas memadai untuk dinikmati para wisatawan. Beberapa fasilitas yang tersedia di Museum Macan Jakarta mulai dari area untuk parkir kendaraan, karya seni modern, ruang seni anak, karya seni tradisional, toilet, toko museum, ruang ibu dan anak.

Daya Tarik

Di sini ada banyak daya tarik yang mampu memikat para pengunjung agar datang menikmati  Museum Macan. Daya tarik utamanya yaitu karya seni lintas mata yang mana mulai dari karya seni tradisional di masa lalu sampai karya seni modern dan kekinian. Selain itu destinasi tersebut sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga di Jakarta yang edukatif. Hal ini karena keberadaan sot khusus untuk anak-anak yang memungkinkan mereka menggambar di dinding.


19. Kepulauan Seribu

Tempat wisata di jakarta

Jika berbicara tentang tempat wisata di Jakarta yang menarik maka Kepulauan Seribu adalah pilihan tepat. Sesuai dengan namanya, pulau tersebut diharapkan menjadi harapan untuk dunia pariwisata di Indonesia. Di antara satu dari ribuan pulau di Kepulauan Seribu, ada Pulau Harapan Indah yang belakangan ini menjadi perbincangan hangat di kalangan traveller. Pasalnya Pulau Harapan menawarkan pesona keindahan pulau yang kaya dengan biota lautnya.

Lokasi 

Pulau Harapan berlokasi di dekat Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara dan masih masuk di kawasan DKI Jakarta. Jarak pulau tersebut hanya sekitar 3,5 sampai 4 jam dari kota Jakarta. Agar bisa mencapai lokasinya, pengunjung membutuhkan perjalanan menggunakan kapal dari Dermaga Ancol.

Rute 

Bagi para wisatawan penting untuk mengetahui rute menuju tempat wisata di Jakarta  satu ini. Wisatawan bisa berangkat dari Dermaga Ancol menggunakan speedboat atau bisa juga dari Pelabuhan Kaliadem menaiki kapal ferry ke dermaga pulau. Tentu saja harga yang ditawarkan kedua mda transportasi itu berbeda. Kendati demikian biasanya pengunjung lebih memilih berangkat dari Dermaga Muara Angke lantaran biayanya lebih ekonomis.

Harga Tiket

Untuk harga tiket ke Pulau Harapan di Kepulauan Seribu ini gratis namun Anda perlu mengeluarkan biaya agar bisa mencapai pulaunya. Biaya dimulai dari penyebrangan dari Dermaga Ancol sekitar Rp 300 ribu menggunakan speedboat atau naik ferry dengan tarif Rp 50 ribu. Selain itu sewa kapal untuk berkeliling pulau sebesar Rp 450 per satu harinya. Sedangkan biaya sewa snorkelling Rp 35 ribu dan makan mulai dari Rp 75 ribu per orangnya.

Jam Buka

Adapun jam buka selama berwisata di tempat wisata di Jakarta satu ini yaitu selama 24 jam. Sebab di Pulau Harapan tersebut ada penginapan yang memungkinkan pengunjung melakukan wisata malam di sekitar pulaunya.

Fasilitas

Sebagai salah satu spot wisata bahari terbaik, fasilitas yang terdapat di pulau satu ini masih cukup jauh dari kata lengkap. Fasilitas yang tersedia di sana mulai dari resort, sewa alat snorkeling, boat tradisional, sampai scuba diving. Selain itu ada juga perahu motor untuk berkeliling dan pedagang kaki lima yang menjajakan makanan maupun minuman. 

Daya Tarik

Seperti tempat wisata di Jakarta pada umumnya, Pulau Harapan juga mempunyai daya tarik untuk menggaet atensi pengunjung. Salah satunya adalah pemandangan yang tersaji di sini sangat menarik dan ciamik. Bukan hanya itu, di sini pengunjung juga bisa melakukan snorkeling dan berkeliling pulau menikmati keasrian di sekitarnya. 


20. MOJA Museum

Tempat wisata di jakarta

MOJA Museum adalah tempat dimana Anda bisa menikmati sejumlah karya unik di setiap ruangan berbeda. Bukan itu saja, pengunjung juga dapat bermain roller skating saat berkunjung di tempat tersebut. Setidaknya ada 14 ruangan tematik yang membuat Anda terkagum-kagum sekaligus tertarik untuk mengabadikannya. Ini jugalah yang menarik perhatian para remaja untuk datang langsung ke MOJA Museum karena dijamin tidak akan membosankan.

Lokasi 

Lokasi tempat wisata di Jakarta MOJA Museum tepatnya di kawasan GBK atau Gelora bung Karno Jakarta pintu 8. Alamat tepatnya berada di Jalan Gerbang Pemuda RT. 1 RW. 3 kawasan Jakarta Pusat. Anda bisa dengan mudah menemukan lokasinya karena MOJA Museum sudah cukup populer.

Rute 

Adapun rute menuju destinasi wisata MOJA Museum sangat mudah dicapai. Wisatawan tinggal mengarahkan kendaraan menuju Gelora Bung Karno atau GBK. Selain itu wisatawan juga bisa menggunakan transportasi umum seperti Busway atau Trans Jakarta. Anda harus menaiki Busway jurusan Harmoni Lebak Bulus lalu turun di GBK sisi utara atau Pintu 10. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sampai di MOJA Museum.

Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata di Jakarta MOJA Museum berbeda-beda sesuai hari yang dipilih wisatawan. Saat berkunjung di hari weekday atau Senin sampai Jumat maka biayanya Rp 110 ribu per satu orangnya. Sedangkan jika Anda berwisata di hari Sabtu dan Minggu atau weekend perlu membayar Rp 125 ribu per orangnya. Harga tiket tersebut untuk kunjungan wisata selama 2,5 jam.

Jam Buka

Adapun jam operasional wisata MOJA Museum yakni buka mulai hari Senin sampai Minggu. Untuk jam bukanya tidak terlalu lama sebab dimulai dari jam 11 siang dan tutup tepat jam 19.30 malam. Anda perlu datang di jam buka museum agar tidak kecewa jika tempatnya tutup.

Fasilitas

Sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta yang menarik perhatian banyak orang, terdapat fasilitas memadai untuk semua wisatawan. Sejumlah fasilitas yang tersedia di tempat tersebut mulai dari area untuk parkir kendaraan yang luas, tempat membeli kaos kaki, spot foto ciamik sampai area bermain roller skating.

Daya Tarik

Di Moja Museum ada banyak daya tarik yang mampu menggaet minat pengunjung. Salah satu hal menarik di sini yaitu Anda bisa mencoba permainan yang sempat booming sekitar tahun 80 sampai 90 an. Permainan tersebut dahulu selalu dimainkan oleh kalangan remaja di Indonesia yang bernama roller skating. Permainan ini seperti sepatu roda tetapi memiliki roda 4 yang saling berhadapan dan tidak sejajar. Anda bisa berkeliling museum menggunakan roller skate.

Itulah informasi lengkap tentang rekomendasi tempat wisata di Jakarta yang sangat menarik perhatian wisatawan. Anda bisa mendatangi lokasi wisatanya langsung untuk merasakan sensasi liburan yang lebih menyenangkan.

Jadwalkan waktu Anda untuk mencoba mengunjungi tempat wisata di Jakarta pada waktu akhir pekan Anda bersama keluarga. Deretan tempat wisata tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda jika masih belum mempunyai tujuan.