Alun-alun Kota Bandung: Daya Tarik, Fasilitas dan Harga Tiket

Bandung adalah salah satu kota berada di Indonesia yang memiliki destinasi wisata menarik, seperti contohnya Alun-alun kota Bandung. Bandung dikenal sebagai Kota Kembang dan banyak masyarakat yang ingin data ke sana. Apalagi cuaca di Bandung sejuk sehingga masyarakat yang datang dari daerah perkotaan, seperti Jakarta dan sekitarnya suka berkunjung ke sana. 

Bandung juga memiliki banyak kuliner yang lezat sehingga Anda tidak hanya bisa mengunjungi destinasi wisatanya yang menarik saja, namun juga bisa menikmati kuliner yang khas dan lezat. Nah, berbicara mengenai alun-alun Bandung tentu saja tidak asing lagi. 

Di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai keindahan alun-alun Bandung yang harus Anda tahu sebelum berkunjung ke sana. 

Baca : Dago Dreampark


Sekilas Tentang Alun-alun Kota Bandung 

Alun-alun Bandung merupakan salah satu tempat wisata Jawa Barat yang cukup ikonik dan memiliki sejarah yang panjang. Tempat ini mempunyai fungsi dan juga penambakan yang selalu berubah-ubah seiring dengan perkembangan yang terjadi di kota Bandung. Alun-alun ini dijadikan sebagai pusat aktivitas, bahkan bisa menjadi tempat pertandingan sepakbola. 

Sampai tahun 2014 yang lalu, tempat ini masih seperti taman luas yang memiliki air mancur sebagai salah satu simbol kota Bandung. Kemudian, Ridwan Kamil yang menjabat sebagai wali kota Bandung pada saat itu membuat alun-alun memiliki tampilan yang jauh lebih bagus dan modern. Hingga sekarang banyak pengunjung yang datang ke alun-alun Bandung dan bukan hanya dari masyarakat lokal saja, namun juga dari luar kota banyak yang ke sana. 

Baca : Gunung Putri Lembang


Daya Tarik Alun-alun Kota Bandung 

Alun-alun kota Bandung jadi tempat yang populer bukan karena tidak ada alasannya. Tempat ini memiliki banyak daya tarik yang membuat Anda betah berkunjung ke sana, daya tarik yang dimiliki contohnya adalah :


Memiliki Lapangan Rumput Sintetis

Salah satu daya tarik yang dimiliki alun-alun Bandung adalah memiliki hamparan lapangan hijau yang terbuat dari rumput sintetis. Luas lapangannya adalah sekitar 1.200 m2 dan di area ini juga memiliki hiasan dengan motif berbentuk geometris jadi terlihat sangat indah saat dilihat dari ketinggian. Di area ini merupakan area terbuka untuk semua pengunjung yang datang untuk berkumpul dan bersantai bersama teman atau saudara. 

Penggunaan rumput sintetis dipilih supaya lebih tahan lama dan biaya perawatannya tidak terlalu mahal. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke area ini harus melepas alas kaki sehingga tidak merusak rumput dan akan lebih nyaman. Di bagian utara juga terdapat tempat bermain edukatif untuk anak-anak yang bisa dicoba. 

Baca : Kebun Raya Cibodas


Wisata Kuliner di Jalan Kepatihan Alun-alun Bandung 

Setelah Anda puas berjalan-jalan dan bermain di alun-alun Bandung selanjutnya bisa mencoba berbagai kuliner yang terdapat di sekitar area tersebut. Pengunjung bisa membeli jajanan yang dijual oleh para pedagang kaki lima yang berjejer di sana. 

Anda bisa menemukan aneka jajanan khas Jawa Barat yang sangat populer, seperti batagor, mie kocok, cimol, simoay, tahu gejrot dan yang lainnya. Pengunjung pasti akan puas jajan dan menikmati suasana alun-alun yang sangat menyenangkan sehingga membuatnya enggan pulang. Apalagi Bandung sangat terkenal dengan jajanan-jajanannya sehingga Anda bisa mencari jajanan khas Bandung di area alun-alun dengan mudah dan dijamin harganya lebih terjangkau. 


Masjid Raya Bandung 

Di dekat lapangan rumput sintetis juga terdapat Masjid Raya Bandung yang bisa Anda kunjungi. Masjid dengan berukuran besar dan memiliki desain menawan ini sudah memiliki usia sama seperti Alun-alun kota Bandung juga. Masjid ini sangat terkenal karena mempunyai dia menara yang menjulang tinggi di sisi kanan dan kiri. 

Nah, menariknya lagi nama masjid ini adalah Masjid Agung Bandung yang mempunyai kubah emas yang tidak hanya berfungsi tempat ibadah umat Islam saja, namun jadi salah satu objek wisata unggulan di Bandung. Para pengunjung bisa dapat naik ke puncak menara dengan membayar tiket yang cukup murah. Dari atas menara Anda bisa melihat pemandangan alun-alun Bandung yang begitu indah. 


Pasar Malam 

Pada malam minggu ada pasar malam di alun-alun Bandung yang bisa Anda kunjungi. Adanya pasar malam akan memberikan suasana yang berbeda dari alun-alun Bandung ini. Pengunjung bisa menaiki sejumlah wahana yang tersedia di pasar malam dengan harga yang sangat terjangkau. 

Salah satu wahana yang paling favorit di pasar malam alun-alun Bandung adalah Bianglala yang berhiaskan lampu warna-warni. Di pasar malam juga ada banyak penjual oleh-oleh khas Jawa Barat, seperti wayang golek, peyeum dan yang lainnya. 


Naik Bandros 

Nah, daya tarik di alun-alun Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan adalah naik bandros. Bandros adalah singkatan dari Bandung Tour on Bus. Kendaraan ini adalah kendaraan tingkat 2 yang mirip seperti bus tingkat yang berada di London. Pengunjung bisa naik bus ini untuk berkeliling di sekitaran alun-alun Bandung. 

Seperti itulah daya tarik yang dimiliki Alun-alun kota Bandung dan bagi Anda sedang berada di Bandung wajib ke sana. 

Baca : Taman Bunga Nusantara


Harga Tiket Masuk ke Alun-alun Bandung 

Harga tiket untuk masuk ke alun-alun Bandung gratis, hanya saja jika Anda ingin naik ke menara Masjid Raya Bandung ada tiketnya. Daftar tiket ke sejumlah fasilitas di alun-alun Bandung adalah :

  • Harga tiket masuk : Gratis 
  • Naik menara : Rp. 10.000,-
  • Naik bianglala : Rp. 10.000,-
  • Biaya parkir kendaraan : Rp. 7.000,-


Fasilitas Alun-alun Kota Bandung 

Fasilitas yang tersedia alun-alun Bandung cukup memadai sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Alun-alun Bandung sudah mempunyai area parkir bawah tanah, toilet bahkan kantin. Bagi pengunjung yang merasa lapar tentu saja bisa membeli makanan di kantin atau jajan di penjual yang ada di kawasan alun-alun tersebut. 

Di kawasan alun-alun Bandung juga ada banyak hotel yang tersedia sehingga bagi wisatawan yang ingin bermalam di kota Bandung dan lokasinya dekat alun-alun banyak sekali pilihan hotelnya. 


Lokasi dan Rute Perjalanan ke Alun-alun Bandung 

Alun-alun kota Bandung lokasinya berada tepat di pusat kota Bandung, yaitu berada di antara Jalan Asia-Afrika dan Jalan Dalem Kaum. Lokasi alun-alun Bandung sangat strategis sehingga mudah untuk disambangi dengan berbagai jenis kendaraan umum atau pribadi. 

Rute perjalanan ke alun-alun Bandung jika dari Stasiun Bandung adalah Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi selama 19 menit ke Jalan Asia-Afrika. Rute dari Terminal Leuwi Panjang akan memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan dengan melewati Jalan Leuwi Panjang dan juga Jalan Moch. Toha.

Nah, jika Anda datang dari Bandara Husen Sastranegara lamanya perjalanan sekitar 21 menit ke alun-alun Bandung dengan rute perjalanan Jalan Penjajaran. 


Jam Operasional Alun-alun Bandung 

Alun-alun Bandung dibuka selama 24 jam setiap hari dan untuk umum. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi alun-alun Bandung adalah di sore hari supaya Anda bisa menikmati matahari terbenam. 

Nah, itulah sejumlah informasi mengenai Alun-alun kota Bandung, mulai dari daya tarik, fasilitas, harga tiket, lokasi dan rute perjalanan yang secara lengkap. Semoga bermanfaat.