Tangkuban Perabu: Daya Tarik, Harga Tiket dan Fasilitas

Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki destinasi wisata alam terbaik dan salah satu contohnya adalah Gunung Tangkuban Perahu. Taman wisata alam ini merupakan salah satu gunung aktif yang berada di Kabupaten Bandung Barat. 

Taman wisata alam ini juga memiliki sejumlah kawah yang kerap dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah. 

Taman wisata alam ini juga menawarkan pengalaman yang menarik dengan melihat keindahan kawah belerang secara dekat. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang datang ke sana, baik wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Nah, sebelum Anda berkunjung ke taman wisata alam di Bandung ini, sebaiknya simak dahulu informasi mengenai beberapa daya tarik yang ditawarkan, HTM, fasilitas dan lainnya.

Baca : Kawah Putih Ciwidey


Daya Tarik Tangkuban Perahu 

Sejumlah daya tarik yang dimiliki Tangkuban Perahu diantaranya :


Kawah Ratu 

Gunung satu ini tercatat mempunyai 13 kawah aktif dan beberapa diantaranya dapat dikunjungi secara bebas oleh wisatawan. Salah satu contohnya adalah kawah Ratu yang merupakan salah satu kawah terbesar dan juga menjadi ikon dari gunung aktif tersebut. Bentuk kawahnya seperti mangkuk raksasa yang berisi campuran, lava, belerang dan sulfur. 

Kedalaman kawah Ratu adalah sekitar 500 meter dengan permukaannya yang terus meletup-letup dan mengepulkan asap belerang sehingga memberikan kesan misterius di sekitar kawahnya. Di sana ada jalan setapak yang dikelilingi pagar yang kokoh di bagian pinggiran kawah. Area tersebut juga ada sejumlah vegetasi khas pegunungan sehingga wisatawan bisa mengambil foto di area tersebut dengan aman. 

Baca : Gunung Putri Lembang


Kawah Domas 

Kawah Domas juga merupakan bagian kawah dari Gunung Tangkuban Perahu yang bisa Anda kunjungi juga. Bagi Anda yang tertarik untuk merasakan sensasi air panas yang keluar dari gunung dan lumpur belerang wajib datang ke sana. Cara menuju ke kawasan kawah Domas ini sebaiknya menggunakan jasa pemandu dengan melewati jalan setapak di kawasan hutan. 

Jarak Kawah Domas dengan kawah Ratu adalah sekitar 1,2 km dan di sepanjang perjalanan menuju ke lokasi akan dibuat terkesan dengan beragam flora yang terdapat di sana. Jika Anda beruntung akan melihat sejumlah fauna endemik, seperti lutung dan surili di perjalanan. Pengunjung bisa merendamkan kaki di kolam dengan suhu air yang tidak terlalu panas. 

Anda juga dapat merebus telur di salah satu kolam dengan suhu sangat tinggi. Di sana ada banyak pedagang yang menjajakan telur rebus yang langsung direbus di area kolam yang panas sehingga sangat unik untuk dicoba. 

Baca : Grafika Cikole


Kawah Upas 

Selain, kawah Ratu dan Domas ada juga kawah upas yang tidak kalah menariknya untuk dinikmati. Di kawah Upas ini memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi sehingga dan uap yang cukup beracun. Oleh sebab itu, pengunjung tidak diperbolehkan mendekat ke area kawah yang satu ini. 

Pengunjung hanya bisa melihat keindahan kawahnya dari jauh saja dan memiliki keindahan tebing yang membentang. Pemandangan indah ini menjadi primadona bagi wisatawan yang datang ke sana dari ketinggian kawah Upas. Apalagi pemandangan matahari terbit sehingga menghasilkan lukisan alam yang begitu indah. 


Kuliner 

Mengunjungi tempat wisata Tangkuban Perahu dengan suhu yang cukup dingin tentu saja akan membuat Anda cepat lapar. Pengunjung tidak perlu khawatir karena di sana ada banyak pilihan kuliner hangat yang dijual. Ada banyak kios-kios atau warung makanan lengkap dengan bale-balenya yang siap untuk menjamu wisatawan yang datang ke sana. 

Pengunjung bisa menikmati makanan, seperti jagung rebus, bakar, ketan bakar hingga oncom raos yang sangat lezat. Makanan penghangat ini bisa jadi pilihan bagi Anda yang lapar dan ingin jajan di sekitar tempat wisata. Anda juga bisa mencoba minuman bandrek untuk menghangatkan badan sambil ditemani dengan pemandangan alam yang sangat indah. 

Itulah beberapa contoh daya tarik yang dimiliki oleh taman wisata alam yang berada di Bandung satu ini sehingga wajib Anda coba. 


Fasilitas Tangkuban Perahu 

Di taman wisata alam ini menyediakan fasilitas yang cukup memadai, seperti parkir yang cukup luas untuk menampung puluhan kendaraan motor dan mobil. Sedangkan parkir untuk bus tersedia area khusus di tempat yang berbeda. Fasilitas umum lainnya yang tersedia adalah toilet, penjual souvenir, mushola dan warung-warung kecil yang menjajakan aneka makanan hangat di sana. 

Baca : Bukit Moko


Tiket Masuk ke Tangkuban Perahu 

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi taman wisata alam satu ini akan dikenakan tiket masuk berdasarkan golongannya, yaitu turis lokal dan mancanegara. Tiket masuk ke taman wisata alam satu ini juga belum termasuk dengan jasa pemandu wisata menuju ke kawah Domas. Daftar tarif atau tiket masuk ke taman wisata alam ini adalah :

  • Harga tiket masuk wisatawan lokal : Rp. 20.000,- (hari biasa), Rp. 30.000,- (hari libur)
  • Harga tiket masuk wisatawan mancanegara : Rp. 200.000,- (hari biasa), Rp. 300.000,- (hari libur)
  • Harga tiket masuk pelajar lokal : Rp. 18.000,- (hari biasa), Rp. 20.000,- (hari libur)
  • Harga parkir kendaraan roda 2 : Rp. 12.000,- (hari biasa), Rp. 14.500,- (hari libur)
  • Harga parkir kendaraan roda 4 : Rp. 25.000,- (hari biasa), Rp. 30.000,- (hari libur)
  • Harga parkir kendaraan bus : Rp. 110.000,- (hari biasa), Rp. 125.000,- (hari libur)
  • Angkutan Jayagiri – Kawah Ratu (PP) : Rp. 7.000,-


Jam Operasional Tangkuban Perahu 

Tangkuban Perahu dapat dikunjungi oleh wisatawan setiap hari. Jam operasionalnya adalah mulai dari jam 07:00 sampai 17:00 wib. Waktu kunjungan terbaik ke taman wisata alam ini adalah pagi hari dimana Anda bisa merasakan suasana yang sejuk dan udara segar.


Lokasi dan Rute Perjalanan ke Tangkuban Perahu 

Taman wisata alam ini berlokasi di Jl. Raya Tangkuban Perahu, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa barat. Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi ke kawah Domas bisa melalui gerbang sebelum menuju ke kawah Ratu dengan melakukan trekking kurang lebih 15 sampai 20 menit perjalanan hingga sampai ke lokasi kawahnya. 

Rute perjalanan menuju ke lokasinya dari pusat kota Bandung sekitar 7 km. Anda bisa menuju ke daerah Cikole, kemudian belok kiri. 


Tips Berkunjung ke Tangkuban Perahu 

Bagi Anda yang akan berkunjung ke taman wisata di Lembang ini, pastikan untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini :


1. Menggunakan masker penutup hidung

Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah kawah yang berada di taman wisata alam tersebut pastikan untuk menggunakan masker penutup hidung. Fungsinya adalah untuk menghindari bau yang tidak sedap dari kawah dan juga menghirup racun yang berbahaya. 


2. Memakai sepatu yang nyaman 

Anda juga bisa menggunakan sepatu yang nyaman untuk trekking menuju ke lokasi kawah sehingga kaki tidak sakit atau bahkan lecet selama di perjalanan.


3. Memakai baju hangat 

Pastikan juga Anda memakai baju hangat atau jaket karena cuaca di sekitar taman wisata alam ini sangat dingin. 

Seperti itulah sejumlah informasi tentang taman wisata alam Tangkuban Perahu dan bagi Anda yang ingin mengunjunginya juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mudah.