Jalan-jalan Sore di Alun-alun Bung Karno Kalirejo Ungaran Jawa Tengah

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran berada di Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Alun-alun Bung Karno ini sudah diresmikan pada tahun 2014 oleh Bupati Kabupaten Semarang, Bapak dr. Mundjirin,SpOG. 

Pada bagian tepi alun-alun ini terdapat tulisan UNGARAN yang biasanya digunakan untuk berswafoto. Alun-alun yang satu ini berbentuk lapangan yang di sekelilingnya ada jalan yang dapat digunakan untuk jalan santai atau jogging. 

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran menyediakan berbagai jenis permainan, mulai dari sepatu roda, skuter, becak hias, motor mini dan masih banyak lagi. Semua permainan tersebut bisa dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa. 

Biasanya, di akhir pekan seperti hari Minggu alun-alun Bung Karno ini akan dipadati oleh para pedagang yang justru mirip pasar dadakan. Banyak pedagang yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok, makanan khas, bahkan menjual pakaian. 

Di alun-alun bung karno kalirejo ungaran ada juga lokasi yang biasa digunakan untuk tempat berkumpul para komunitas tertentu, seperti komunitas panjat tebing dan skateboard. 

Baca : Taman Bunga Merapi Garden

Sesuai dengan namanya, alun-alun yang satu ini dihiasi oleh patung Bung Karno yang berwarna hitam. Patung yang berukuran sekitar 2 meter ini cukup terlihat dari berbagai sudut di alun-alun. Selain ada patung Bung Karno, ada juga panggung terbuka yang turut menghiasi. 

Dimana panggung terbuka tersebut berfungsi sebagai sarana pembantu apabila ada sebuah event atau acara tertentu yang diselenggarakan di alun-alun bung karno kalirejo ungaran  ini. Namun, apabila tidak ada event, panggung terbuka ini biasanya dipijaki pengunjung yang ingin bersantai dan dijadikan sebagai spot foto. Berikut ini ada beberapa informasi seputar alun-alun Bung Karno yang bisa anda simak. 

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran


Lokasi Alun-alun Bung Karno 

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran beralamat di Desa Kalirejo, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Alun-alun yang kerap mendapat sebutan Asjo ini berada di sebelah timur pintu Tol Ungaran. Apabila ingin kesini anda bisa menggunakan Google Maps dengan mengetik Alun-alun Bung Karno Ungaran yang aksesnya sangat detail. 

Baca : Desa Wisata Wonolelo


Rute Perjalanan 

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran dapat diakses melalui berbagai rute perjalan, salah satunya adalah melalui jalan Tol. Anda bisa melalui jalan Tol Semarang-Ungaran, dimana letaknya tidak jauh dari pintu Tol Ungaran. Anda hanya perlu belok kanan dan posisinya berada di kiri jalan. 

Namun, jika diakses dari jalan utama Semarang-Solo, setelah pom bensin Ungaran ada lampu merah dan anda harus belok kiri. Kemudian lurus terus setelah bertemu lampu merah lurus dan posisi alun-alun berada di kiri jalan. 


Harga Tiket Masuk 

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran tiket mematok harga tiket masuk alias gratis. Semua masyarakat bisa masuk dan bersantai dengan bebas dan gratis di alun-alun Bung Karno ini. Masyarakat dapat memanfaatkan alun-alun ini untuk berbagai aktivitas, mulai dari nongkrong, olahraga, jalan santai, dan masih banyak lagi. Semua orang bisa masuk kesini dengan bebas tanpa perlu membayar tiket masuk 

Baca : Museum Gula Tjolomadoe


Jam Buka 

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran yang berada di sebelah timur pintu Tol Ungaran ini memiliki lahan yang sangat luas. Luas keseluruhan dari alun-alun Bung Karno ini bahkan mencapai 7.987 meter persi. 

Sehingga, alun-alun ini buka selama 24 jam tanpa batasan waktu. Semua orang bisa datang kapan saja untuk melakukan berbagai aktivitas atau hanya sekedar nongkrong bersama teman. 


Fasilitas yang Disediakan di Alun-alun Bung Karno Kalirejo Ungaran

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari adanya bangku taman yang sangat menghiasi hampir di seluruh area alun-alun, dari barat, selatan dan timur alun-alun. Disini juga terdapat fasilitas umum seperti mushola, toilet umum dan area parkir yang cukup luas. Selain itu, Area Pujasera dengan beragam lapak penjual kaki lima juga banyak disini. 


Daya Tarik di Alun-alun Bung Karno Kalirejo Ungaran

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran adalah sebuah tempat atau area publik yang unik karena dihiasi dengan patung Bung Karno. Sesuai dengan namanya, alun-alun tersebut berada di Ungaran, Semarang Jawa Tengah. 

Alun-alun yang diresmikan pada tahun 2014 itu sampai saat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat Ungaran. Peresmian alun-alun Bung Karno ini dilakukan langsung oleh Bupati Semarang pada saat itu, yaitu Muhadjirin. 

Alun-alun bung karno kalirejo ungaran ini menjadi satu dari sekian banyak area publik yang ada di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Alun-alun yang satu ini selalu ramai jadi jujugan masyarakat setiap harinya. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai aktivitas di area yang juga disebut dengan Asjo ini. Alun-alun Bung Karno ini sering menjadi sarana olahraga, tempat nongkrong, spot foto, arena bermain anak, dan tempat penyelenggaraan berbagai event tertentu. 

Salah satu yang menjadi ciri khas sekaligus daya tarik dari Alun-alun bung karno kalirejo ungaran ini adalah karena alun-alun ini dihiasi dengan patung Bung Karno yang berwarna hitam. Dimana patung Bung Karno tersebut berada di sebelah selatan alun-alun. Patung Bung Karno ini memiliki ukuran 2 meter dan dapat terlihat dari berbagai sudut. 

Dengan adanya informasi ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan jika anda ingin berkunjung ke Kabupaten Ungaran, Semarang, Jawa Tengah ini. Masyarakat yang mengunjungi Alun-alun bung karno kalirejo ungaran ini tetap harus menjaga kebersihan dan selalu membuang sampah pada tempatnya. Sama-sama kita menjaga kelestarian are publik ini agar selalu terjaga sampai anak cucu kita juga merasakannya.